|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Journal » Kesehatan Masyarakat Posted by [email protected] at 04/02/2020 15:05:18 • 805 Views
KEPUASAN LAYANAN PASIEN JKN BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PETUGAS KESEHATANCreated by :
Erlina Puspitaloka Mahadewi ( 5661 ) Ade Heryana Saroh Kuswanti
Subject: | MANAJEMEN LAYANAN KESEHATAN | Alt. Subject : | HEALTH SERVICE MANAGEMENT | Keyword: | KEPUASAN LAYANAN PASIEN JKN |
Description:
Kepuasan layanan pasien BPJS di Rumah Sakit berhubungan dengan kinerja petugas
kesehatan dalam menjalankan tugas ketika melayani pasien tersebut. Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk
menyelenggarakan program jaminan social nasional (SJSN/JKN), berupa perlindungan
kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan
dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan
antara kepuasan layanan pasien BPJS dengan kinerja petugas kesehatan di Poli Rawat Jalan
RSIA Harapan Mulia Tangerang Tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah
cross sectional. Populasi adalah semua pasien BPJS yang berkunjung ke poli rawat jalan
RSIA Harapan Mulia Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental
Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan yaitu kuesioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif (univariat) dan bivariat (uji chi-square α = 0,05). Hasil
penelitian didapatkan bahwa sebanyak 49 responden (56,3%) memiliki penilaian kinerja
petugas kesehatan yang baik, sebanyak 51 responden (52,1%) menyatakan kurang puas,
terdapat hubungan yang bermakna antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan pasien
BPJS di poli rawat jalan RSIA Harapan Mulia Tangerang Tahun 2018 (Pvalue = 0,003).
Dapat disimpulkan bahwa kinerja petugas kesehatan berhubungan dengan kepuasan pasien,
semakin baik kinerja petugas kesehatan, maka semakin puas pula pasien, dan atau
sebaliknya. Bagi RSIA Harapan Mulia Kabupaten Tangerang untuk lebih meningkatkan lagi kualitas kinerja petugas kesehatannya dalam memberikan pelayanan, dengan cara
mengadakan seminar, pelatihan, atau dengan memberikan insentif bagi pekerja yang
berprestasi.
Date Create | : | 04/02/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Journal-11_0097 | Collection ID | : | 11_0097 |
Source : Forum Ilmiah Volume 16 Nomor 2, Mei 2019
Relation Collection: Fakultas Ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/kepuasan-layanan-pasien-jkn-berhubungan-dengan-kinerja-petugas-kesehatan-14445.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Journal-14445-11_0097.pdf - 360 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970018
Hits Today : 3570
Total Hits : 154874032
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|